Tips Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot

Posted on

Cara Mengatasi Android Lemot – Smartphone android harga mahal belum tentu terbebas dari masalah lemot atau ngehang. Android merupakan smartphone yang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia. Sayangnya segala kecanggihan serta harga yang bervariasi tidak diimbangi oleh user atau pengguna yang mengerti betul seluk beluk gadget ini. Alhasil banyak user yang merasa bingung ketika android mereka lemot.

Penyebab android lemot bisa berbagai macam, mulai dari spesifikasi sampai dengan pemakaian smartphone itu sendiri. Dari segi spesifikasi biasanya RAM & jenis Prosesor yang digunakan sangat mempengaruhi kinerja android. Sedangkan dari segi pemakaian biasanya karena user menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Cara Mengatasi Android Lemot

Cara mengatasi android lemot sebenarnya sangat mudah, namun cara ini akan lebih efektif lagi apabila kamu mengetahui atau mengerti seputar aplikasi android serta penggunaanya. Nah berikut ini Admin blog Info Terbaru akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi android lemot atau lambat.

1. Coba restart android kamu
Cara ini paling mudah dilakukan, kamu hanya perlu merestart atau mematikan android kemudian menyalakannya lagi. Bila cara ini sukses berarti masalah android lemot punyamu hanya karena banyak program/aplikasi yang berjalan.

2. Periksa penggunaan RAM android mu
Ada baiknya kamu mengetahui terlebih dulu spesifikasi android mu, bisa dengan cara melihat di dus ponselmu. Setelah itu cobalah periksa penggunaan RAM di bagian setting/pengaturan. Lihat apakah RAM masih tersisa banyak atau sedikit, apabila tinggal sedikit (beberapa MB saja) maka itulah penyebabnya android mu menjadi lemot.

Jika sudah begini cara mengatasinya dengan mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang kamu jalankan atau bisa juga dengan merestart ponsel. Banyaknya aplikasi yang kamu jalankan akan memakan kapasitas RAM yang besar, jika spesifikasi android mu rendah sebaiknya jangan menjalankan aplikasi secara berlebihan.

3. Hapus cache di android mu
Banyak user android tidak mengetahui apa itu cache. Cache merupakan penyimpanan memori sementara, bisa dibilang cache ini hanyalah sampah saja. Cache sendiri bisa bertambah secara otomatis ketika kamu menjalankan aplikasi. Semakin sering menjalankan aplikasi maka semakin bertambah pula cache/sampah yang tersisa, inilah yang menyebabkan android mu lemot.

Untuk mengatasi cache berlebihan ini kamu dapat mengunduh aplikasi yang dapat membersihkan cache. Di playstore kamu dapat mengunduhnya secara gratis, salah satu aplikasi untuk membersihkan cache yang paling saya rekomendasikan yakni “Clean Master”.

4. Tutup aplikasi yang tidak digunakan
Menjalankan banyak aplikasi berarti sama saja dengan mengurangi kapasitas RAM, jadi kalau kamu menjalankan banyak aplikasi cobalah untuk menutupnya. Menekan tombol “home” pada android bukanlah menutup. Menutup aplikasi yang dimaksud disini yakni dengan menggeser/menghilangkan aplikasi dari “recent apps”. Setiap ponsel android mempunyai cara sendiri untuk melihat recent apps, kalau kamu sudah tau recent apps tinggal geser saja untuk menutupnya.

5. Jangan pasang widget berlebihan
Widget android memang dapat mempercepat akses aplikasi serta mempercantik tampilan layar android mu. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya widget berlebihan juga dapat membuat android mu menjadi lemot. Karena selain dapat menguras daya batrai, widget ini juga dapat memakan RAM banyak.

Beberapa widget yang sering dipasang para pengguna android yakni seperti widget cuaca/weather, jam analog, live wallpaper, dan widget-widget lainnya.

6. Jangan gunakan aplikasi launcher
Kalau android mu mempunyai spesifikasi rendah (biasanya android china dengan harga murah) pastikan tidak menginstal launcher. Pada umumnya aplikasi launcher akan memakan kapasitas RAM yang cukup besar. Jika tetap ingin menggunakan launcher pilih saja aplikasi launcher yang sederhana seperti Holo Launcher dan Nova Launcher, jangan memakai Go Launcher.

7. Hapus sms jika sudah menumpuk
Pada dasarnya sms yang menumpuk tidak akan menjadi masalah, apalagi sampai menyebabkan android mu lemot. Namun tidak ada salahnya untuk menghapus sms yang sudah dibaca.

8. Jangan menjalankan aplikasi secara bersamaan
Mendengarkan musik sambil menjalankan aplikasi lainnya (contohnya facebook, bbm, sms, melihat foto, dll) bisa juga menjadi penyebab android mu lemot. Point ini masih terkait dengan RAM, jadi kalau spesifikasi android mu rendah jangan lakukan ini. Kalau spesifikasi android mu tinggi namun masih lemot coba tips cara mengatasi android lemot lainnya.

9. Pindahkan aplikasi ke SD Card
Memindahkan aplikasi ke SD Card merupakan salah satu solusi mengatasi android lemot. Memori penyimpanan internal yang penuh akan menghambat kinerja android mu. Sayangnya tidak semua user mengerti cara ini, biasanya sistem android harus di root terlebih dahulu untuk dapat memindahkan aplikasi-aplikasi ke SD Card. Kalau kamu tidak tahu cara ini cobalah cara lainnya, karena memang cara ini cukup ribet.

10. Jangan sering-sering update aplikasi
Pasti kamu sering mendapatkan notifikasi untuk update sebuah aplikasi, baik bbm, facebook, whatsapp, browser, photo grid dan lain sebagainya. Memang benar setiap update aplikasi merupakan versi aplikasi yang sudah dikembangkan dan dibuat lebih bagus. Namun perlu kamu ketahui bahwa setiap update aplikasi bukan berarti akan cocok dengan android mu. Bisa jadi aplikasi tersebut malah lambat ketika dijalankan.

11. Update firmware terbaru
Firmware atau sistem operasi android mu memang dibuat oleh pihak Android/Google. Tapi sebenarnya firmware tersebut sudah dikembangkan lagi oleh setiap vendor/merk ponsel. Hampir semua vendor selalu mengupdate firmware ini, bahkan ada vendor yang mengupdate 2-3 bulan sekali karena belum maksimal berjalan di ponselnya.

Untuk mendapatkan info firmware terbaru ini anda dapat mengunjungi service center maupun bergabung dengan grup-grup (grup facebook atau forum kaskus). Salah satu contoh grup di facebook yang membernya cukup aktif yakni grup “Advan S5J Community”. Silahkan cari grup sesuai merk android mu untuk mendapatkan informasi firmware terbaru.

12. Flash atau instal ulang android mu
Cara ini paling jitu untuk mengatasi android lemot, sayangnya tidak semua orang mengerti caranya karena memang ribet. Solusinya terbaik jika kamu tidak bisa flash yakni dengan membawanya ke service center atau meminta bantuan ke konter ponsel yang bisa service, sekarang sudah banyak jasa flash android jadi jangan kawatir.

Namun perlu diketahui bahwa cara ini akan dapat menghapus semua aplikasi serta data (kontak, foto, musik, aplikasi, dll) yang tersimpan di android, kecuali data tersebut kamu simpan di SD Card/memori eksternal. Cara flash ini merupakan solusi terakhir kalau semua cara diatas tidak mempan mengatasi android mu yang lemot.

Bagi yang masih awam dengan gadget android mungkin beberapa cara mengatasi android lemot diatas cukup ribet. Tapi memang begitulah adanya mengingat ada banyak faktor yang dapat menyebabkan android lemot. Bisa jadi cara pertama dan terakhir diatas merupakan cara paling simple, hehe.

Leave a Reply