Ciri Ciri Gejala Penyakit Demam Berdarah : Cara mengobati DBD

Posted on
Ciri, Tanda dan Gejala Demam Berdarah – Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegepty yang membawa virus dengue ini jika tidak segera di atasi bisa menimbulkan resiko kematian. nyamuk penyebab penyakit demam berdarah ini biasanya memiliki ciri fisik kakinya berwarna belang-belang putih yang berkembang biak di  tempat penampungan air maupun tempat tempat yang memungkinkan air tergenang. jadi sebaiknya anda waspada jika di gigit oleh nyamuk dengan ciri fisik tersebut, karena takutnya bisa menyebabkan demam berdarah.
Virus dengue yang penyebab penyakit ini sendiri di kategorikan dalam empat tingkatan yaitu, virus dengue tipe 1, 2, 3, dan 4.di indonesia sendiri, tipe virus dengue yang ke 3 adalah yang terbanyak dimana virus tipe ini bisa menyebabkan gangguan pada pembuluh kapiler serta mengganggu sistem pembekuan darah yang bisa menyebabkan kematian jika tidak segera di atasi. setidaknya, kita perlu mengetahui apa saja gejala awal dari penyakit ini, agar ketika salah satu anggota keluarga kita mengalimi panas mendadak anda bisa langsung memberikan pertolongan yang tepat. baiklah, langsung saja, berikut ini adalah beberapa tanda tanda awal dan gejala demam berdarah yang selengkapnya :

Gejala Penyakit Demam Berdarah

 

1. Demam tinggi secara mendadak selama 2 hingga 7 hari sedangkan suhu tubuh bisa mencapai 38-40 derajat celcius. terkadang saat demam panasnya naik turun, yakni pada 3 – 4 hari panas turun. namun di hari selanjutnya panas naik lagi.

2. Ruam pada kulit atau terdapat bintik bintik merah pada kulit

3. Merasakan nyeri di belakang mata dan terkadang mimisan

4. Mengalami muntah dan berak darah

5. Trombositopenia, jumlah trombosit < 100.000/ul

6. Ketika penyakit ini mengalami masa kritis, si penderita akan mengalami sakit perut yang hebat, muntah terus menerus, gusi berdarah, gelisah dan kelelahan

 

Pertolongan Pertama Penderita Demam Berdarah

Jika anda menemukan beberapa gejala seperti yang tertulis diatas di alami oleh salah satu anggota keluarga anda, segera berikan pertolongan pertama untuk penderita demam berdarah dengan cara berikut ini :

1. Minum air putih sebanyak mungkin

2. Segera kompres untuk membantu agar panas cepat turun

3. Jangan lupa berikan juga obat penurun panas

4. Jika dalam waktu 3 sampai 4 hari panas tidak kunjung turun, segera berobat ke puskesmas maupun rumah sakit terdekat

5. Jika muntah terus menerus, sebaiknya segera rawat inap di rumah sakit agar lekas diberikan pertolongan oleh dokter ahli sehingga cepat sembuh

Agar tidak kembali terserang penyakit demam berdarah pastikan untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar, terutam jika ada genangan air agar tidak digunakan berkembang biak oleh nyamuk penyebab penyakit ini. mungkin itu saja dari admin pada kesempatan kali ini tentang ulasan yang membahas tanda tanda dan gejala demam berdarah ini. semoga bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply